Buku ini mendorong penggunaan belajar berkelompok dalam berbagai bentuk, dengan tujuan agar siswa banyak berinteraksi, sehingga terbangun kemampuan berkomunikasi dan bekerja dalam tim. Dengan demik…
Buku ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada Buku Siswa sangatlah penting. Oleh karenanya, guru diharapkan dapat memp…
Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia ditulis dengan tujuan agar siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai keperluan sebagai kegiatan sosial. Kegiatan yang dirancang dalam buku i…
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan tuntutan Kurikulum Nasional, siswa diajak untuk berani bereksplorasi mencari …
Konsep utama pengembangan buku ini adalah berbasis kegiatan sosial yang memiliki keragaman sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikasinya. Setiap jenis kegiatan berbahasa dalam kehid…
Konsep utama pengembangan buku teks ini adalah genre-based. Adapun genre (fungsi bahasa) dimaknai sebagai kegiatan sosial yang memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan f…
Konsep utama pengembangan buku ini adalah berbasis genre yang memiliki keragaman sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikasinya. Setiap jenis kegiatan berbahasa dalam kehidupan sosia…
Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara dan mempresentasikan untuk berbagai tujuan, berbasis genre yang terkait dengan penggunaan ba…
Ambillah inspirasi dari bacaan-bacaan tersebut, kemudian kembangkan keterampilan berbahasa Indonesia kalian dengan menciptakan karya-karya kalian sendiri yang lebih bagus dan kontekstual sesuai den…
Kedudukan Buku Panduan Guru merupakan pedoman bagi guru untuk mengoperasionalkan Buku Siswa. Buku Panduan Guru ini terdiri atas dua bagian besar. Pertama, bagian Panduan Umum. Bagian ini memuat te…
Untuk meningkatkan pemerolehan hasil yang diinginkan sesuai dengan perkembangan zaman guna menyongsong era revolusi industri 4.0 diperlukan penekanan pembelajaran secara aktif oleh peserta didik. …
Pada abad 21 ini, peserta didik dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Sebagai salah satu upaya mempersiapkan peserta didik dengan tuntutan abad 21, pemerin…